Bahaya Karsinogenik Dalam Bahan Makanan ! (Bisa menimbulkan penyakit kanker)

Assalamu'alaikum. selamat pagi sobat blogger saya refad. saya akan memposting tentang KARSINOGEN. Wilujeng reading mudah-mudahan manfaat di dunya hungkul ^_^


     Bahan pangan yang mengandung zat beracun merupakan pemicu kanker seperti hydrazine (zat aktif) terdapat pada jamur champignon, solanin, dan chaconin senyawa glikoalkaloid (zat aktif) pada kentang yang berwarna hijau juga bersifat karsinogen dan beracun. Pohon pakis juga mengandung senyawa aquilide-A (zat aktif) punya potensi sebagai mutagen. 



       Senyawa beracun juga diperoleh dari toksin (zat racun) yang dihasilkan oleh mikroorganisme yang tumbuh pada bahan pangan seperti mikotoksin, yaitu racun yang dihasilkan oleh jenis kapang yang umum berasal dari Aspergillus, Penicillium, dan fusarium sp. Kapang banyak tumbuh pada kacang-kacangan dan biji-bijian.
       Aflatoksin terutama ditemukan pada kacang tanah, jagung, dan biji kapas yang ditumbuhi oleh Aspergillus flavus. Toksin ini telah terbukti merupakan karsinogen kuat yang dapat menyerang hati. Jamur yang banyak dikonsumsi seperti jamur Agarius bisporus dan jamur shiitake dari Jepang mengandung racun yang bernama hydrazine (agaritene).
       Bahan makanan yang diawetkan dengan pengasapan,seperti sate, ikan bakar, ikan asap mengandung zat karsinogenik yang disebut benzo(a)pyrene. Zat ini merupakan produk dari pembakaran kayu atau arang yang masuk ke dalam daging, ayam, ikan melalui asap. Zat ini berasal dari reaksi radikal bebas yang terbentuk melalui proses pembakaran tidak sempurna pada bahan organik seperti gula, asam amino, lemak.
       Benzo(a)pyrene merupakan komponen polisiklik aromatic hidrokarbon (PAH). PAH juga dapat diperoleh akibat asap rokok, polusi udara dan air, komponen batubara, dan petroleum yang mencemari lingkungan. Senyawa ini dalam tubuh dapat berikatan dengan DNA sel yang kemudian dapat menyebabkan mutasi sel yang selanjutnya dapat berubah menjadi sel kanker. Kopi juga mengandung senyawa mutagenik yaitu acrylamide yang terbentuk pada saat kopi disangrai, yang dapat memacu terbentuknya sel kanker. Acrylamide  juga terdapat pada bahan pangan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti beras, kentang dan sereal yang dibakar atau dipanggang. Namun zat tersebut tidak muncul bila makanan direbus.
       Proses penggorengan dengan menggunakan minyak goreng yang sama secara berulang akan menghasilkan produk oksidasi yang akan membentuk radikal bebas dan bila dikonsumsi dapat menimbulkan kerusakan sel. Minyak goreng yang berwarna coklat kehitaman bersifat karsinogenik.


Bahaya Karsinogenik Dalam Bahan Makanan ! (Bisa menimbulkan penyakit kanker) Bahaya Karsinogenik Dalam Bahan Makanan ! (Bisa menimbulkan penyakit kanker) Reviewed by Unknown on 2/11/2014 09:17:00 am Rating: 5

No comments:

1 Komentar 1000 Kebaikan Anda Dapatkan :)

Herbal Corporation. Powered by Blogger.