Ketika Telinga Tersumbat / Kemasukan Air

Tulisan ini baca dari judulnya sangat aneh karena secara tata bahasa tidak benar, dari segi makna juga sulit untuk dipahami, tetapi bagaimana lagi namanya juga formalitas juga agar hemat space biar tidak terlalu panjang. Intinya adalah masalah telinga karena kotoran yang mengeras.
Masalah Telinga


















 Beberapa pekan terakhir masalah ini terjadi pada saya (penulis, red). Rasanya sangat tidak nyaman sekali, terasa berdengung dan ada sesuatu yang keras menyumbat telinga. Masalah ini terjadi mungkin karena dulu saat kemasukan air tidak segera diatasi dan terlalu sering menggunakan Cutton Bud. Namun setelah surfing di internet membaca beberapa artikel ternyata kotoran yang mengeras pada telinga bisa disebabkan beberapa hal salah satunya terlalu sering menggunakan cutton bud.




Penyebab mengerasnya kotoran telinga :
  1. Penyempitan saluran telinga akibat infeksi atau penyakit kulit, tulang, atau jaringan ikat.
  2. Cerumen yang terlalu kering, Cerumen merupakan campuran dari cairan dan minyak yang tidak berwarna/ kuning jernih, dihasilkan oleh kelenjar kulit liang telinga. Fungsi dari cerumen adalah untuk menangkap debu, kuman, kotoran dan partikel kecil lainnya sehingga mencegah debu/ partikel tersebut masuk lebih jauh ke dalam telinga yang dapat berpotensi mengganggu gendang telinga.
  3. Cerumen berlebihan dalam menanggapi trauma atau penyumbatan di dalam saluran telinga .
  4. Membersihkan telinga menggunakan penjepit rambut, peniti dan sapu tangan yang dipelintir diujungnya.
  5. Penggunaan alat bantu dengar.
  6. Penggunaan penyumbat telinga/ earplug.
  7. Penggunaan cotton-tipped swabs atau Q-tips.
Kotoran telinga mengeras dan sulit untuk dikeluarkan terjadi akibat pembersihan menggunakan cotton bud yang berulang kali atau kotoran telinga yang berlebih dan mengakibatkan mudah mengeras, sebaiknya penggunaan cotton bud dilakukan bila kotoran telinga sedikit cair dan tidak keras. Jika kotoran telinga keras, penggunaan cotton bud justru akan membuat kotoran tersebut semakin masuk ke dalam telinga, sebaiknya gunakan pinset khusus yang berbentuk seperti kerukan di ujungnya atau secara teratur pergi ke dokter THT untuk membersihkan liang telinga.
 Tips Perawatan Telinga
  1. Gunakan obat tetes pelunak kotoran telinga, misal THM atau Telhima (ini yang digunakan penulis saat ini). Cara penggunaannya dengan meneteskan cairan obat ke dalam telinga, tahan sebentar setelah itu tumpahkan agar kotaran dalam telinga ikut keluar. Sebaiknya digunakan setalah mandi.
  2. Jangan membersihkan dengan cotton bud, bila keadaan terpaksa membersihkan telinga dapat menggunakan pinset khusus yang berbentuk seperti kerukan di ujungnya.
  3. Solusi terakhir adalah bawa ke Dokter THT.
Demikian beberapa penjabaran mengenai masalah pada telinga, bagi anda yang sudah membaca harap selalu menyayangi telinga, karena tanpa telinga kita tidak akan bisa menikmati nikmat suara, sungguh besar nikmat Allah berupa telinga, coba kalau manusia tidak punya telinga apa jadinya?

Ketika Telinga Tersumbat / Kemasukan Air Ketika Telinga Tersumbat / Kemasukan Air Reviewed by Reza Fauzy Aditya on 2/14/2014 08:30:00 am Rating: 5

No comments:

1 Komentar 1000 Kebaikan Anda Dapatkan :)

Herbal Corporation. Powered by Blogger.