5 Penyakit yang Jadi 'Sahabat' HIV-AIDS



"Virus ini menghancurkan sel-sel tubuh dan membutuhkan sel kekebalan tubuh untuk dapat berkembang biak," ujar Prof DR dr Samsuridjal Djauzi, SpPD-KAI, FACP saat dihubungi detikHealth dan ditulis, Rabu (5/12/2012).

Terkadang infeksi yang mudah sembuh pada orang normal bisa menjadi berbahaya bagi ODHA. Berikut ini 5 penyakit yang bisa dibilang sangat terkait dengan HIV/AIDS seperti diungkapkan Prof Samsuridjal yaitu:


1. Penyakit infeksi menular seksual



"Beberapa penyakit infeksi menular seksual berkaitan dengan HIV/AIDS seperti kencing nanah atau sifilis," ujar Prof Samsuridjal yang juga Ketua Perhimpunan Dokter Peduli AIDS Indonesia.

Infeksi menular seksual ini biasanya di dapatkan jika seseorang melakukan hubungan seks berisiko seperti tidak menggunakan kondom, atau sering bergonta ganti pasangan. Pada orang HIV karena kekebalan tubuhnya menurun, sehingga lebih muda terinfeksi.

2. Tuberkulosis

Tuberkulosis adalah infeksi bakteri yang menyerang paru-paru dan dapat menyebabkan meningitis. Bila pada pasien normal tuberkulosis bisa diobati dengan mengonsumsi obat rutin selama 6 bulan, tapi pada pasien AIDS, tuberkulosis bisa menjadi pembunuh.

Hal ini karena infeksi HIV membuat sistem kekebalan tubuh menurun bahkan hilang yang membuat infeksi tuberkulosis lebih mudah menyerang, serta dapat menyebabkan kematian.


3. Hepatitis C
 
"Kalau dari narkoba suntik biasanya juga rentan terkena hepatitis C. Saat ini kebanyakan orang yangterinfeksi hepatitis C karena berbagi jarum suntik ketika penyalahgunaan narkoba," imbuh Prof Samsuridjal.

Hepatitis C kronis adalah penyakit serius yang dapat menyebabkan problem keseharan jangk apanjang termasuk kegagalan hati dan juga kanker hati. Sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah hepatitis C



4. Penyakit yang susah sembuh seperti diare
 
 

Pada orang dengan HIV/AIDS sering dijumpai diare kronik akibat adanya infeksi kuman pathogen. Umumnya pada orang normal diare bisa diobati dalam waktu beberapa hari saja, tapi bagi ODHA diare ini terbilang cukup menyiksa karena bisa bersifat persisten atau terus menerus, sehingga bisa menyebabkan penurunan berat badan yang drastis bahkan kematian.


5. Cytomegalovirus (CMV) dan Toksoplasma
 
 

"Cytomegalovirus atau CMV dan toksoplasma biasanya terjadi jika kekebalan tubuh dari orang dengan HIV/AID sudah menurun atau kadar CD4 nya sudah berada di bawah 50," ujar prof Samsuridjal.

Cytomagelovirus adalah infeksi virus yang menyebabkan sakit mata, dan pada ODHA bisa menyebabkan kebutaan permanen. Sedangkan toksoplasma adalah infeksi protoza di otak yang gejalanya pandangan kabur, nyeri serta melihat bayangan hitam yang terbang-terbang di mata.


5 Penyakit yang Jadi 'Sahabat' HIV-AIDS 5 Penyakit yang Jadi 'Sahabat' HIV-AIDS Reviewed by Unknown on 12/05/2012 02:00:00 pm Rating: 5

No comments:

1 Komentar 1000 Kebaikan Anda Dapatkan :)

Herbal Corporation. Powered by Blogger.