3 MACAM NAFSU ! BY REFAD

Macam-macam NAFSU

Assalamualaikum sobat. saya refad saya akan menyebarkan artikel tentang nafsu. selamat membaca :) semoga bermanfaat Agama apaun Anda, mengenali nafsu tentu sangat bermanfaat, agar mudah mengendalikan nafsu itu sendiri. Ibarat bila kita bertarung, berlomba maupun bertanding tentu akan lebih membantu kemenangan kita bilamana kita mengenal seluk beluk musuh kita. Sama halnya dengan nafsu, yang merupakan salah satu sumber yang menghambat kemajuan kita dalam hidup. Kita wajib mengenalinya agar dapat lebih cepat dan arif dalam menyiapkan tameng agar dapat mengendalikan nafsu, hingga nafsu itu tidak sulit untuk kita kendalikan, insya Allah. Karena musuh terbesar kita di dunia selain syaitan adalah nafsu kita sendiri

.

Berikut macam-macam nafsu yang perlu kita kenali :

1. Nafsu Ammarah (QS Yusuf 53), ini adalah nafsu yg hanya puas kalau sudah ma'siyat, sangat tidak suka ibadah, benci nasehat akebaikan & ketaatan kpd Allah. Seperti, senang berzina, sangat pemarah, hobby mabuk, benci ulama, ketagihan makan haram, korupsi dsb.
2. Nafsu Lawwamah (QS al Qiyamah 2), nafsu standar ganda, dari kata "laima" mencela dirinya setelah berbuat ma'siyat lalu sangat menyesal tetapi tidak lama kemudian ketagihan lagi. Seperti, sholatnya rajin tetapi masih suka berzina, tentu yg salah bukan sholatnya, pelakunya yg belum faham tujuan, makna dan hikmah sholat kecuali sholat sekedar. Kalau sholat itu benar benar dihayati buahnya jauh dari ma'siyat, "Sesungguhnya sholat itu mencegah zina dan mungkar" (QS al Ankabut 45) atau sudah haji tetapi korupsi dsb,
3. Nafsu muthmainnah, ini nafsu hamba Allah yg sholeh (QS Ar Ro'du 28) "almuqorrobuun" (QS al Waqiah 88) senangnya ibadah, semangatnya beramal, hatinya lebut, dermawan, rendah hati, istiqomah, suka sekali duduk di mesjid, majlis ilmu, cinta ulama, amat sangat takut ma'siyat, malah ia heran melihat orang berani ma'siyat, sedih sekali kalau bangun terlambat sholat malam, muhasabah diri sama sekali tidak tertarik melihat aib orang lain, air matanya mudah menetes ta'kala sholat, membaca Alqur'an dan berzikir.
Mudah-mudahan kita termasuk Nafsu Muthmainnah O:)
Demikian macam-macam nafsu yang dapat kita kenali. semoga dapat bermanfaat buat kita semua terutama saya sendiri sebagai penulis, Aaamiiin ya robbal 'alamiiiin.. :).
Sumber: Dakwah K.H Arifin ilham
3 MACAM NAFSU ! BY REFAD 3 MACAM NAFSU ! BY REFAD Reviewed by Unknown on 2/06/2014 11:17:00 am Rating: 5

No comments:

1 Komentar 1000 Kebaikan Anda Dapatkan :)

Herbal Corporation. Powered by Blogger.