Tips Menjaga Mata Agar Tidak Terkena Radiasi Komputer

TIps Menjaga Mata Agar Tidak Terkena Radiasi Komputer


Tips Menjaga Mata Agar Tidak Terkena Radiasi Komputer - Sejak pertama kali komputer mulai marak digunakan, banyak orang menyadari akan bahaya sinar radiasi yang dihasilkan oleh komputer terhadap mata. Namun kesadaran ini tidak diimbangi dengan sikap nyata untuk menjaga kesehatan mata, sehingga tak jarang saat ini semakin banyak orang yang menggunakan kacamata. 

Tidak hanya itu, kini ada jenis penyakit baru yang mempengaruhi kaum muda pengguna gadget dan komputer. Penyakit ini dikenal dengan nama computer eye strain atau otot mata yang menegang akibat terlalu lama menatap layar komputer dan akhirnya mengubah bentuk retina. Jika tidak melindungi mata dari radiasi layar komputer, Anda hanya akan berakhir menderita karena kondisi ini. Tingkat kecerahan komputer memberikan tekanan pada mata, dan menatap layar terus menerus juga akan merubah bentuk retina. 

Tips Menjaga Mata Agar Tidak Terkena Radiasi Komputer

Tips Menjaga Mata Agar Tidak Terkena Radiasi Komputer


Untuk itu anda perlu mengetahui cara melindungi mata Anda seperti dilansir dari Boldsky, di bawah ini :
  • Kenakan lapisan anti silau


Jika menggunakan kacamata, tambahkan lapisan anti silau pada kacamata Anda.

  • Berkedip sesering mungkin


Terlalu serius terkadang membuat Anda lupa berkedip, hal ini hanya akan membuat mata Anda kering. Ingatlah untuk berkedip sesering mungkin agar mata tetap lembap.

  • Jaga jarak


Akan lebih baik bila Anda menggunakan desktop dibandingkan laptop atau tablet, karena Anda lebih bisa menjaga jarak mata dengan layar.

  • Jangan menyipit


Menyipit hanya akan merusak mata Anda. Jika ingin membaca sesuatu pada tablet, laptop atau komputer,  Anda bisa memaksimalkan ukuran yang tersedia.
  • Besarkan ukuran huruf


Dengan menggunakan ukuran huruf lebih besar akan membantu mengurangi tekanan yang diberikan pada mata saat menggunakan komputer.
  • Tambahkan screen guard

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi ketegangan pada mata.
  • Sering beristirahat dan sesekali pejamkan mata

Menjauhlah dari layar, pejamkan mata sejenak atau putar mata sesekali, sehingga mata Anda mendapat latihan yang selayaknya. Menatap layar komputer secara terus menerus hanya akan membuat mata malas.
  • Atur pencahayaan di layar monitor


Salah satu cara sederhana untuk mengurangi ketegangan mata adalah mengatur tingkat keterangan(brightness) serta kontras di layar monitor. Tidak ada pengaturan yang benar atau salah, tinggal disesuaikan dengan kenyamanan mata Anda.

  • Sesuaikan ukuran huruf dan warna


Berbeda dengan huruf di atas kertas biasa, pada layar komputer huruf ini tersusun atas titik-titik atau pixels.Sehingga, untuk melihat huruf pada layar, mata harus terus berakomodasi, sehingga terjadi
ketegangan. Mengatur ukuran huruf serta warna bisa mencegah ketegangan mata berlebihan. Caranya, tambah ukuran huruf sehingga jelas terbaca tanpa perlu mencondongkan tubuh.

  • Istirahat


Seharian berada di depan layar monitor tentu menyebabkan rasa lelah. The National Institute of Occupational Safety and Health merekomendasikan pekerja yang menghabiskan waktunya di depan komputer untuk mengambil jeda lima menit untuk satu jam waktu Anda di depan komputer.Sementara itu American Optometric Association merekomendasikan jeda 15 menit untuk setiap dua jam sekali agar mata menjadi rileks.
Gunakan jeda waktu tersebut untk menikmati hijaunya pepohonan atau pemandangan alam sekitar.

  • Gunakan penerangan yang cukup


Kebanyakan ruangan kantor menggunakan pencahayaan yang terang, bahkan terlalu keras misalnya sinar matahari langsung. Padahal, makin terang bukan berarti semakin baik karena cahaya yang berlebihan justru menambah ketegangan pada mata. Jika di sekitar Anda terdapat jendela, gunakan tirai untuk meminimalkan cahaya yang masuk. Jika ingin menghemat energi Anda bisa mematikan lampu ruangan dan memakai penerangan alami dari matahari.
  • Jaga jarak


Jarak pandang yang baik dari anda ke layar monitor sekitar 25-30cm.Jika anda Menatap huruf di kertas biasa kemudian beralih ke layar komputer secara terus menerus akan menimbulkan ketegangan pada mata. Untuk mencegahnya, dekatkan kertas yang akan dibaca sedekat mungkin dengan layar monitor atau menggantungnya di samping layar.

Tips Menjaga Mata Agar Tidak Terkena Radiasi Komputer

Tips Menjaga Mata Agar Tidak Terkena Radiasi Komputer Tips Menjaga Mata Agar Tidak Terkena Radiasi Komputer Reviewed by Unknown on 5/29/2015 10:40:00 am Rating: 5

No comments:

1 Komentar 1000 Kebaikan Anda Dapatkan :)

Herbal Corporation. Powered by Blogger.