Proposal Pernikahan

Proposal Pernikahan

Bismillahirohmanirrohim
Ukhti fillahillati rahimahullah

Proposal Pernikahan
Proposal Pernikahan
Proposal Pernikahan - Pernikahan adalah suatu cara dalam pembentukan sebuah keluarga yang islami, sakinah, mawaddah wa rahmah. Keluarga merupakan unit organisasi terkecil di masyarakat. Sehingga baik-buruknya suatu lingkungan masyarakat akan bergantung pada baik-buruknya setiap keluarga yang berada di lingkungan tersebut.

Ketika tulisan ini sampai di tanganmu, pilihan itu telah terjatuh dan ternyata kian tampak bahwa engkaulah sang shabibaah. Ketika al-mahabbah ini tertampakan, maka tersegerakanlah syariat ini kuniatkan, kan kutunaikan. Sebelumnya Saudariku, ketika Ar-Rhaudhah Al Muhibbin wa Nuzzah Al Musytaqiin ini kian semakin terbentang dalam silih berlalunya hari. Dalam untaian harap, taman itu kuingin tatanya dalam mahligai ini dan kupandangnya bersama, sebagaimana perkataan Rasulullah dari Thawus yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas bahwasanya:

“Tidak ada yang bisa dilihat (lebih indah oleh) orang-orang yang saling mencintai seperti halnya pernikahan”

Saudariku, pernikahan dapat diibaratkan sebagai suatu bahtera yang akan melayari luasnya samudera kehidupan. Berbagai halang rintang yang dihadapi bahtera kehidupan ini, sesungguhnya telah terlalui saat bahtera ini melaju menuju ke samudera. Kesemuanya melaju bersama dengan pemahaman kita, dan bahtera pemahaman itupun telah mengalir dari hulu ke hilir.
Berhulu dari Al Mahabbatu lillahi… (Proposal Pernikahan)

“Jangan kau berpaling dari cinta, Cinta dari sang Maha Pencipta, kau pastikan tergoda. Cinta yang abadi hanya ada, cinta membuat diri bahagia, hanya Allah saja” (Snada, Arti Cinta)

Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bersabda bahwa “kecintaanmu kepada sesuatu bisa membuat buta dan tuli”. Saudariku, harus kian kita sadari bahwasanya arti cinta berdasarkan pandangan syariat adalah makna cinta yang paling hakiki. Glamournya kehidupan dunia beserta isinya sebagaimana Allah telah ungkapkan dalam Surah At-Taubah ayat 24, merupakan cinta semu yang justru menyebabkan kefasikan dan menjadikan kita semakin jauh dari Allah Azza wa Jalla. Syaikh al-istanbuli berpendapat “Cinta-cinta yang digambarkan dalam berbagai cerita cinta kepada kita adalah cinta yang disusun dari mimpi-mimpi. Cinta seperti itu hanya muncul dari rasa khayali. Cinta tersebut jika tidak dinubuatkan dengan cinta hakiki (sejati), maka al hawa kan bermuara pada gharizah, na’uzubillahi min zaalik. (Proposal Pernikahan)


DATA PRIBADI

Nama lengkap                         : Muhammad Zaid Al - Kandahlawi
Nama panggilan                     :  Zaid
Tempat dan tgl lahir               : Tasikmalaya, 20 Oktober 1995
Suku                                        : Sunda
Pekerjaan Utama                    : Dakwah
 Pekerjaan Sampingan            : Marketing Online Herbal 
Email                                       :rezaaditya147@gmail.com
Alamat rumah                         : Legok Hangseur, Pakidulan, Tasikmalaya

RIWAYAT PENDIDIKAN

SDN
SMPI
MA NU
Cita Cita                      :- Ingin Membangun Suatu Lapangan Kerja Yang Banyak melibatkan orang
- Farmasi Islam
- Ingin membangun Lingkungan Yang islami
- Ingin membangun keluarga sakinah mawwadah warohmah
PENGALAMAN KERJA

-  Ruqiyah Dan Bekam
-  MLM syariah HPA( Herbal Penawar Alwahida)


STRATEGI KELUARGA
Wanita memiliki peranan yang khas dalam keluarga sebagai pemimpin dalam rumah dan anak anaknya. Sebagai pimpinan di dalam rumah dan anak anaknya, seorang wanita harus menjadikan penyemangat dan motivator bagi sauminya
Seorang wanita shalihah yang memiliki wawasan dan keilmuan yang luas. Kesamaan visi dan misi hidup, akan lebih memudahkan seorang laki-laki membangun pondasi yang kuat dalam keluarga.
Laki-laki ibarat sebagai tiang beton yang kokoh, yang akan ditambahkan keindahannya oleh seorang wanita yang shalihah. Bangunan tak hanya harus sekedar kokoh, tetapi harus memiliki nilai estetik yang baik sehingga, kekuatannya diimbangi dengan keindahannya.
Setelah tahap perencanaan terealisasikan dalam tahap implementasi, mudah mudahan sampai ke depan pintu gerbang pernikahan yang barakah, dan semoga mendapatkan ridla Allah. Anak adalah buah hati yang memunculkan kebahagiaan tiada tara yang tak dapat dilukiskan oleh benda seindah apa pun. Namun kebahagiaan akan berubah menjadi bencana, jika pengelolaan anak tidak berjalan sesuai syariat yang benar. (Proposal Pernikahan)
Dalam kondisi lingkungan jahiliyah pada saat ini, sangat diperlukan kekuatan iman yang dapat membentengi diri dari berbagai serangan kelam jahiliyah. Itulah benih pertama yang harus dibangun di dalam keluarga. Seorang ayah bersama-sama dengan istri, membangun benih aqidah yang kokoh kepada seorang anak sejak dalam kandungan, buaian, hingga anak memasuki masa baligh. Namun tak sampai disitu, anak tetap harus mendapatkan bimbingan dan perhatian penuh orang tua sampai akhir hayatnya. (Proposal Pernikahan)
Contoh dan tauladan adalah cara paling efektif dalam penerapan akhlaq mulia keluarga. Oleh karena itu, seorang ayah dan seorang ibu, harus merupakan sosok manusia kamil yang hanif, dan memiliki akhlaq mulia serta bershakhshiyah islamiyah dengan pemahaman Islam yang cukup, sehingga proses pembentukan kepribadian anak, dimulai dengan contoh-contoh yang diberikan oleh orang tua.
Tak hanya dari sisi spiritual, anak pun harus diisi dengan kemampuan-kemampuan yang memacu daya fikir, sehingga menjadi sosok manusia yang terbentuk dalam pondasi aqliyah, ruhiyah, dan jasadiyah yang menjadi satu kesatuan. Aspek jasadiyah akan didukung dengan adanya pemeliharaan kesehatan yang baik. (Proposal Pernikahan)
Dari hal-hal di atas, dapat disimpulkan, sebuah keluarga harus memiliki tiga aspek penting. Pendidikan,suasanah dakwah, kesehatan, dan dukungan fasilitas pendidikan dan kesehatan tersebut. Untuk mencapai kondisi ideal, maka harus dibangun komunikasi yang baik antara nakhkoda bahtera rumah tangga, bersama dengan seorang asisten nakhkoda yang bertindak sebagai navigator, supporter, motivator, dan penyejuk kepenatan keluarga. (Proposal Pernikahan)
Setelah proses implementasi tersebut, selalu diadakan evaluasi dengan melakukan komunikasi antara suami dan istri terhadap tarbiyah yang sedang dijalankan di tengah-tengah keluarga.

KRITERIA ISTRI
·         Mau di ajak untuk usaha dakwah dan saling melengkapi
·         Memiliki pemahaman agama Islam yang baik atau minimal sedang berusaha untuk lebih baik
·         Menjadikan dakwah sebagai maksud hidup
·         Harus menerima keadaan suami
·         Teguh pendirian, tidak mudah putus asa
·         Memiliki sifat penyayang, lemah lembut, pengayom dan selalu bertutur kata yang baik Penyabar
·         Memiliki wawasan luas dalam ilmu-ilmu umum dan/atau ilmu-ilmu islam dan berpandangan terbuka terhadap perbedaan, selama perbedaan masih dalam koridor syar’i
Rasulullah SAW bersabda : Ada tiga orang yang berhak ditolong oleh Allah : seorang mujahid (yang sedang berperang) di jalan Allah, orang yang menikah karena ingin menjaga kehormatannya, makaatib (budak) yang bekerja demi memerdekakan dirinya.
Rasulullah SAW bersabda : Kawinilah oleh kalian wanita yang penyayang dan subur keturunannya, karena sesungguhnya aku akan membanggakan banyaknya jumlah kalian di hadapan para nabi yang lain pada hari kiamat nanti.
Rasulullah SAW bersabda : Mengapa engkau tidak mengawini wanita yang masih gadis agar engkau bisa bermain-main dengannya dan ia pun dapat bermain-main denganmu?
Rasulullah SAW bersabda : Wanita itu dinikahi karena empat aspek, karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, karena agamanya. Oleh karena itu, pilihlah wanita karena agamanya, niscaya engkau beruntung. (Proposal Pernikahan)
Atas dasar inilah, maka terdorong untuk saya untuk segera memilih seorang pasangan yang tepat. Tak ada gading yang tak retak. Tak ada manusia yang sempurna. Namun dari dalil-dalil di atas (meski dalam hadits diatas lebih utk seorang laki2, tapi paling tidak kriteria itu bisa dijadikan pijakan bagi seorang wanita untuk memilih seorang suami), saya memilah-memilah bagian yang akan saya jadikan sebuah kriteria untuk memilih wanita.
STRATEGI MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH
·         Daiyah, Alimah, Hafidzoh dan Jahidah
·         Membangun komunikasi yang baik antara suami dan istri
·         Meningkatkan keilmuan agama
·         Mencetak anak anak sebagai dai,hadfid,alim dan anak soleh
·         Suami selalu berusaha secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan keluarga dengan rizqi yang halal agar terlahir anak2 yang sholeh dan cerdas
·         Suami istri dapat memenuhi hak dan kewajibannya secara sempurna dengan dibangunnya sikap saling memberikan nasehat antara suami dan istri
·         Menjadikan keluarga sebagai universitas  dalam mendidik anak-anaknya
KONDISI KELUARGA
Pernikahan berarti menyatukan dua keluarga dan memperluas silaturahmi. Alangkah baiknya, jika saya dapat memaparkan kondisi keluarga saya. Keluarga saya adalah keluarga besar, dengan 6 orang anak. Saya adalah anak ketiga, sejak kecil sudah belajar mandiri, sehingga orang tua percaya untuk melepas saya sejak smp sampai sekarang kerja (meski jauh dari saudara...tapi bersama temen2 membuat saya merasa tidak sendiri)
Saya punya 2 orang kakak dan 3 orang adik. Adik saya perempuan dan laki-laki. Dan sudah punya dua orang keponakan, laki-laki dan perempuan.
Sedangkan orang tua saya, Alhamdulillah, orang tua saya masih lengkap. Ayah adalah seorang petani. Ibu tidak bekerja, sebagai ibu rumah tangga. Saat ini ayah dan ibu tinggal di karngnunggal. Keluarga saya adalah orang yang terbuka. Orang tua tidak memilih harus dari suku mana untuk calon menantunya. InsyaAllah mereka percaya atas pilihan saya. Kita memang keluarga biasa yang memandang Islam seperti umumnya. (Proposal Pernikahan)
HOBBY
Banyak
PENUTUP
Sebagai penutup dari biodata ini, saya mengetahui, diri saya ini adalah hanya seseorang yang tak memiliki apa-apa. Seorang yang memiliki pemahaman islam yang sangat sedikit. Orang yang memiliki banyak kekurangan. Namun, hal itulah yang memacu saya untuk mencari seorang pendamping yang terbaik. Tak ada yang sempurna di dunia ini. Dengan berkeluarga, saya sangat menginginkan, pasangan saya sama-sama saling menutupi kekurangan yang dimiliki dirinya masing-masing sehingga bersama-sama saling menyempurnakan menuju kesempurnaan yang tak mungkin tercapai, karena pemilik kesempurnaan hanyalah Allah SWT. Setidaknya, kesempurnaan yang saya maksud, adalah bentuk ideal dari sebuah keluarga sakinah, mawaddah, warahmah, dimana Allah menyukai dan ridla terhadap keluarga. Menjadikan keluarga adalah keluarga yang kokoh, yang bersama-sama mengharapkan rahmat Allah berupa surga. Yang sama-sama merindukan hidup di bawah bimbingan dan aturan Allah. Dan yang menjadikan dakwah sebagai maksud hidup, dan menjadikan ilmu bahan bakarnya, dan menjadikan rasa pengertian sebagai bentuknya. Semoga Allah SWT memberikan petunjuk kepada hambaNya yang hina ini, dan semoga Allah SWT memberikan yang terbaik untuk kita. (Proposal Pernikahan)


“Manusia boleh merencanakan tapi keputusan allohlah yang berlaku” 

sekian Propoasal Pernikahan semoga bermanfaat :)
Proposal Pernikahan Proposal Pernikahan Reviewed by Unknown on 3/12/2015 03:56:00 pm Rating: 5

No comments:

1 Komentar 1000 Kebaikan Anda Dapatkan :)

Herbal Corporation. Powered by Blogger.